Breaking News

Selasa, 12 Januari 2016

Sejarah singkat lahirnya Pmii Country Unitri



Proses Lahirnya PMII Country Unitri Malang
Berawal dari kebutuhan bersama sebagai jembatan belajar, sebagai mahasiswa Unitri Malang akan pentingnya ilmu pengetahuan dan pengalaman berorganisasi. Yang mana, organisasi kemahasiswaan tersebut dapat mencermikan tentang kekokohan akidah, kedalaman spiritual, komitmen terhadap ahlak mulia, keluasan ilmu pengetahuan, serta kematangan diri akan profesionalisme. Maka kesadaran untuk bersama-sama menggabungkan kekuatan dalam mewujudkan tekad untuk berkelompok menjadi sangat dibutuhkan.
Semakin kuat dan luasnya medan gerakan mahasiswa diluar kampus, serta berbagai kegiatan mahasiswa diluar kampus membuat sekelompok kecil mahasiswa tersebut membuat sebuah kelompok diskusi dan kajian yang bernama Lingkar Studi Transformatif (LST). Namun karena arus interaksi dan aktualisasi masih dianggap kecil dan belum mampu mengakomodir sebuah semangat pembebasan, maka dibutuhkan sebuah organisasi besar yang mempunyai ideologi, azas, serta tujuan besar yakni demi Islam dan Indonesia.
Gerakan sekelompok kecil mahasiswa yang terus melaju layaknya Meteor Bima Sakti tersebut, akhirnya menemukan wadah yang luar biasa besar untuk mewujudkan tekad dan niatan tulus dalam mengaplikasikan diri sebagai Insan Ulul Albab yakni PMII. Ini bukan dilakukan tanpa alasan atau kesadaran yang jelas, namun karena memang PMII dirasa lebih mampu menjembatani prinsip Bhinneka Tunggal Ika . Karena di organisasi inilah ke-Indonesiaan dan ke-Islaman mampu direaliasasikan sebagai gerakan intelektual yang membumi lagi membasis kuat dan berpihak pada kaum tertindas.
Founding Father atau lebih jelasnya disebut sebagai pendiri PMII Country Unitri berkeinginan bahwa sebagai sebuah organisasi, PMII dapat terus membakar semangat kader-kadernya. Dan menuntut tanggung jawab masing-masing Insan Ulul Albab untuk mengamalkan ilmu dan terus memupuk kekuatan, dalam rangka menjadikan seluruh aktivis mahasiswa PMII Country Unitri sebagai pembawa perubahan besar bagi perjalanan bangsa Indonesia.

Rangkulan PMII Kota Malang
Perjuangan untuk mewujudkan cita-cita besar dan mulia, selain memerlukan tekad baja juga dibutuhkan suatu penyerahan diri sepenuhnya atas apa yang diyakini sebagai kebenaran. Dalam kurun waktu yang cukup lama dengan intensitas tinggi yang berhubungan dengan sahabat-sahabati di PMII kampus lain terutama Rayon Fisip Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di zaman kepengurusan Sahabat Fauzan Fuadi, selanjutnya beralih kepada kepengurusan Sahabat Ardiyanto. Serta intens berhubungan dengan Pengurus Cabang PMII Kota Malang di zaman Sahabat Agus Chaidlori lalu berlanjut pada kepengurusan Sahabat Muhammad Khusen Yusuf.
Tidak mudah dalam mengawali sesuatu yang masih belum ada sebelumnya, dalam konteks ruang lingkup gerakan yang ada di Unitri secara khusus dan kota malang secara umum. Dengan didasarkan pada niat yang tulus kemudian lahir perjuangan yang gigih serta pengabdian dengan penuh rasa tanggung jawab antar sesama kader, para founding father PMII Unitri sejak kurang lebih 1 dasawarsa lalu. Yakni menghantarkan dan mencatatkan momentum bersejarah, yang tidak pernah akan dilupakan oleh generasi-generasi penerus kejayaan PMII Unitri dan bahkan akan selalu dikenang sampai kapanpun.

Sembilan Pendiri PMII Country Unitri Malang
Pada tanggal 20 Oktober 2004, tim promotor atau lebih dikenal sebagai Founding Father PMII Country Unitri Malang melakukan peristiwa bersejarah dengan mendirikan PMII di lingkungan kampus Unitri Malang di Jl Telaga Warna Blok C. The Faunding deklarasi PMII Country Unitri sendiri, terdiri dari 9 orang promotor. Diantaranya adalah;
  1. Ronall Junia Warsa (Arsitektur Landscape)
  2. Mulyadi Muhammad (Teknologi Industri Pertanian)
  3. Arlino (Teknologi Industri Pertanian)
  4. Feri Kurniawati (Administrasi Niaga)
  5. Syaiful Anwar (Teknik Kimia)
  6. Herman Susilo (Arsitektur Landscape)
  7. Ida (Administrasi Niaga)
  8. Tomi Kurniawan (Teknik Kimia)
  9. Umam (Peternakan).
Sembilan kader tersebut telah berjuang keras demi eksistensinya sebagai mahasiswa dan seorang kader pergerakan, untuk kemudian mengibarkan bendera dan perisai sakti dengan sembilan bintangnya sebagai suatu bentuk komitmen bersama demi mewujudkan sebuah gerakan secara nyata diranah sosial-kemasyarakatan terlebih untuk lingkup kampus Unitri dan Kota Malang.
lebih lengkapnya juga bisa di baca sejarahnya di wikipedia tentang PMII Country Unitri.

Disusun oleh Ach.Fairozi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




Designed By